Rabu, 13 Februari 2013

Pengelolaan Sampah 1

Oleh:
A. Sutarinda            VIII A
Anwar Sidiq            VIII A
M. Haitami Aqli       VIII A

Pengelolaan sampah berarti mendaur ulangsampah tersebut menjadi hal yang bermanfaat. Sampah tidak semuanya bermanfaat. Misal sampah bermanfaat seperti sampah plastik yang dapat dijadikan tas dan jas hujan. Sedangkan sampah yang tidak bermanfaat yaitu sampah yang dapat menyebabkan penyakit yaitu sampah yang terdapat bakteri dan patogen.
Sampah yang bermanfaat pun dapat menyebabkan masalah apabila tidak dikelola dengan baik dan benar. pengelolaan sampah meliputi pengumpulan, pengangkutan pemusnahan dan cara pencegahan. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Pengumpulan dan pengankutan berarti mengumpulkan dan mengangkut sampah yang ada di lingkungan masyarakat yang telah menjadi tanggung jawab masing-masing rumah tangga yang menghasilakn sampah. Setiap rumah tangga hendaknya membangun tempat pembuangan dan pengumpulan sampah, sampah diangkut ke TPS (tempat pembuangan sementara), setelah diletakkan di tempat pembuangan sementara itu lalu ke tempat pembuangan akhir.  
  2. Pemusnahan, pemusnahan dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain: (a) ditanam (land fill), berarti membuat lubang di dalam tanah kemudian sampah tersebut ditimbun di dalam lubang tersebut; (b) dibakar (incineration), berarti membakar sampah yang sudah dikumpulkan menjadi satu di dalam incinerator; (c) dapat dijadikan pupuk misalnya dari kotoran hewan yang dikumpulkan menjadi pupuk kompos.
  3. Cara pencegahan, berarti  menghindari atau mencegah terjadinya penyakit karena sampah tersebut. Cara pencegahannya antara lain:
  • sampah sebaiknya dileburkan ke dalam tanah karena bisa menyebabkan penyakit.
  • sampah sebaiknya dibedakan yang mana organik (yang mudah hancur) dan anorganik (sampah yang tidak mudah hancur)
Jadi, sampah yang bermanfaat dapat digunakan dengan baik dan sampah yang tidak bermanfaat sebaiknya di buang ke tempat sampah, di bakar atau dimusnahkan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites