Rabu, 31 Oktober 2012

PAIS SAGU

 1.SEJARAH
Mengingat kata PAIS berasal dari kata yang artinya di dearah kami yaitu DIBUNGKUS.secara harfiah makna dari kata Paisyang artinya membungkus makanan dengan daun pisang. Makanan ini dikenal sejak jaman  dahulu yaitu dari nenek moyang kami.Karena miskinya orang dahulu tidak bisa membeli bahan dari tepung maka bahan sagulah yang menjadi pilihan dan yang terunggul dari daerah kami.Dari situlah asal mulanya terciptanya PAIS SAGU yang menjadi makanan turun-temurun didaerah asal kami. Menjadi makanan pokok pada saat musim panen sagu dan menjadi kue khas martapura.

2.PENGENALAN JAJANAN TRADISIONAL
Makanan ini dikenalkan di rumah yaitu dari kake’ saya. Saya diminta untuk mencicipi makanan ini dan ternyata rasanya maknyus…!!! Dari situlah saya berpikir ingin membuatnya sendiri dan carapembuatanya pun sangat mudah dan praktis semua orang bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah.selaindirumah makanan ini bisa kita ditemukan dipelosok-pelosok daerah di martapura.semoga anda bisa mencobanya dan bisa menemukan makananini.

3.ASAL DAERAH
Makanan PAIS SAGU berasal dari daerah martapura karena didaerah ini banyak terdapat phon sagu yang menjadi bahan yang mudah di dapat,dicari,dan harganya pun murah.Dikarenakan kotamartapura banyak ditumbuhi pohon sagu.

4.PERSEBARAN
Makanan ini tersebar luas mulai dari kotamartapura sampai kota-kota besar di banjarmasin hingga bisa ditemukan di pasar tradisional di daerah martapura yaitu di FLOATING MARKET (pasar terapung) lokbaintan atau di barito khususnya di pagi hari hingga sampai sekitar jam 9 Pagi lebih dari itu pasar terapung ini akan tutup.

 5.BAHAN
o   Kelapa
o   Sagu
o   Minyak goreng
o   10 biji buah pisang
o   4 lembar daun pisang
o   600 ml air putih
o   2 biji gula merah
o   ½ sendok garam

6.CARA PEMBUATAN
-   Potong pisang kecil-kecil secara dadu
-   Campurkan potongan pisang dengan sagu yang sudah matang
-   Kemudian,campurkan air secukupnya
-   Lalu,aduk sampai rata agar menjadi adonan
-   Tambahkan ½ sendok garam dan aduk hingga tercampur merata
-   Potong daun pisang dengan ukuran kurang lebih 25cm / sesuaikan dengan selera anda
-   Bungkus adonan tadi dengan daun pisang
-   Kukus adonan yang telah dibungkus tadi hingga matang sekitar 15 menit.lalutaburkan kelapa parut.
-   Hidangkan makanan saat masih panas. agar lebih nikmat taburkan parutan kelapa sebagai penambah rasa manis

7.RASA
Pada gigitan pertama akan terasa sagu yang kenyal lalu munyusul rasa manis dari pisang dan aroma yang khas dikeluarkan dari daun pisang begitu menggugah selera ketika makanan masih dalam keadaan panas.Pais Sagu ini juga bisa digunakan berbagai macam rasa seperti pisang bisa diganti dengan nangka,sesuai selera dan rasa nya pun tidak kalah enak dibandingkan dengan makanan kelas atas seperti pizza,spageti dan lain-lain.

8.FILOSOFI
Pais Sagu ini adalah makanan tradisional yang digunakan sebagai dalam rangka acarakebudayaan adat setempat karena, makanan ini disajikan di daerah kami seperti acara tasmiahyaitu (pemberian nama bayi saat berumur 25 hari).Selain itu berfungsi sebagai penambah penghasilan ekonomi sehari-hari karena,dengan menjual jajanan Pais Sagu ini dapat memperoleh penghasilan yang cukup bagi produsen.Jadikesimpulanya dari makanan Pais Sagu ini bias berfungsi sebagai kebudayaan adat dan juga berfungsi sebagai penghasilan ekonomi bagi masyarakat setempat.

9.HARAPAN
Semoga makanan ini banyak digemari dan menjadi idola diseluruh pelosok dunia dan semoga orang-orang pun banyak menyukainya dan ikut serta dalam melestarikan jajanan tradisional pais sagu tersebut khususnya masyarakat Indonesia dan pelosok-pelosok di daerahmartapura (Kalimantan selatan) dan sekitarnya,dengan ini kami berharap bisa jadi gencar di kanca hinternasional. Hal ini khususnya bagi para pemerintah Indonesia  karena dengan dukungan dari pemerintah Indonesia akan memperlancar usaha kami dalam mengusahakan mensejajarkan makanan ini dengan makanan-makanan internasional lainya seperti spageti, hamburger, dan pizza yang sudah terkenal rasanya di seluruh belahan dunia lainya dan semoga orang-orang akan lebih banyak juga ikut serta dengan cara (berpartisipasi) dengan kami.Amin yarabalalamin.semoga dengan artikel kami ini dan orang yang membacanya agar mendukung sepenuhnya dalam proyek Semua jajanan tradisionaltermasuk PAIS SAGUdiseluruh Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites